Monday 15 April 2013

JADILAH PEMBELI YANG CERDAS


Bila saat ini Anda sedang mengalami masalah dalam mengatur pengeluaran, pastikan bahwa belanja sehari-hari Anda bukan hal yang akan membuat pengaturan keuangan buyar. Beberapa kebiasaan bisa membuat Anda mengeluarkan uang yang sebetulnya tidak perlu, maupun membeli barang yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Perencanaan di awal dapat membuat pengeluaran sesuai dengan anggaran, tapi ada beberapa kebiasaan belanja yang biasanya tidak diwaspadai dan membuat keuangan Anda bermasalah.

Menjadikan belanja sebagai aktivitas yang menyenangkan
Buat Anda yang hobby berbelanja, dan tidak membiasakan diri ke pusat perbelanjaan atau swalayan hanya untuk membeli yang dibuutuhkan bisa membahayakan keuangan Anda. Berbelanja bersama teman biasanya bisa membuat Anda menghabiskan uang lebih banyak, karena Anda tidak punya waktu yang cukup untuk membandingkan harga atau mempertimbangkan apakah Anda mendapat penawaran yang bagus atau tidak. Mungkin sebagian dari Anda ada yang punya hobby window shopping? Di mall, maupun browsing di online store, sangat beresiko timbul keinginan membeli barang yang tidak diinginkan. Atau lebih buruk lagi, menimbulkan kecanduan belanja. Yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa setiap Anda pergi untuk berbelanja, ada tujuannya dan sudah menyiapkan dana yang tidak bisa ditambah lagi!

Membeli barang di dekat kasir
Kadang, saat mengantri giliran membayar di kasir, baik di toko buku, swalayan, dan segala macam toko lainnya, mata kita akan tertarik pada barang-barang yang dipajang di rak dekat kasir. Mengambil satu dua barang yang terlihat menarik maupun beberapa barang yang sepertinya lupa, ini bisa jadi satu kebiasaan buruk yang merugikan. Kebanyakan barang yang dipajang di rak dekat kasir tidak memiliki penawaran yang sebetulnya bisa dicari di dalam toko, yang membuat Anda bisa menghemat uang. Sekali dua kali mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau sering? Sudah pasti merugikan.

Berbelanja tanpa daftar belanjaan
Berhubungan dengan belanja adalah kegiatan yang menyenangkan buat Anda, biasanya niat melihat-lihat saja di mall akan berakhir dengan pulang membawa beberapa kantong belanjaan. Mulai dari makanan hingga pernak-pernik lucu. Tanpa daftar belanjaan, kemungkinan Anda menjadi impulsif dan mengambil hal-hal yang sebetulnya tidak Anda butuhkan, atau malah tidak ada budget untuk itu, jadi lebih besar. Pastikan untuk membawa daftar belanjaan setiap Anda pergi ke mall maupun toko lainnya, dan taatilah daftar belanjaan itu. Jangan membuat daftar belanjaan mendadak, namun luangkan waktu di malam sebelumnya di rumah misalnya, untuk benar-benar mencatat apa saja yang sudah habis dan harus dibeli.

Tergoda promo "Beli satu gratis satu"
Siapa yang tidak suka dapat barang gratis? Promo beli satu gratis satu ini biasanya adalah suatu penawaran yang paling menggoda, karena mungkin niat Anda justru adalah untuk menghemat uang. Tapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan, karena selain memungkinkan untuk justru membeli barang yang tidak dibutuhkan, beberapa barang yang digratiskan biasanya sudah mau memasuki masa kadaluarsa (untuk makanan) atau cacat. Selalu kembali memikirkan apakah Anda akan menggunakan, ataupun mengkonsumsi, barang beli satu gratis satu tersebut. Buat apa punya dua barang sekaligus dan dua-duanya tidak terpakai?

Membeli hanya karena sedang diskon
Sama seperti beli satu gratis satu, siapa yang bisa menolak diskon? Sekalipun misalnya diskonnya sedang super besar, cobalah buat benar-benar mempertimbangkan apakah barang tersebut memang termasuk ke dalam daftar barang yang sudah sejak lama Anda inginkan, ataukah cuma menarik melihat diskon puluhan persennya? Apakah Anda akan menggunakannya? Untuk pakaian terutama, banyak yang tertarik membeli pakaian yang sedang diskon karena sekalipun sekarang tidak ada acara yang tepat untuk memakainya, atau justru ukurannya tidak muat misalnya, terpikir bahwa beberapa bulan lagi misalnya, pasti akan terpakai. Jangan salah, kebanyakan tidak pernah tercapai yang demikian. Untuk barang elektronik maupun alat rumah tangga, pastikan barang yang diskon tersebut memang berkualitas. Ada bagusnya membaca review tentang produk tersebut, di internet misalnya. Jangan biarkan harga yang murah yang membuat Anda merasa bahwa barang tersebut adalah barang yang dibutuhkan.

Jadi, kebiasaan manakah yang masih Anda miliki, Jengs? Be a smart shopper always, ya!

No comments:

Post a Comment