Monday 15 April 2013

4 TIPS BELANJA ALA FASHION STYLIST

Tak pernah ada kata cukup bagi perempuan dalam memenuhi kebutuhan fesyennya. Tak ingin kantung jebol karena nafsu belanja yang membabi buta? Coba pilah-pilih barang belanjaan Anda dengan cermat.

Istilah ‘Money doesn’t lie’ seringkali benar dalam dunia fesyen. Barang-barang dengan harga yang tinggi memang memiliki kualitas yang baik. Namun jika Anda cermat, ada barang-barang dengan harga yang miring, namun memiliki kualitas yang tak kalah bagus.

Dari pada membabi buta memborong barang berharga murah namun kualitasnya tidak terjamin, lebih baik pilih item fesyen Anda dengan cermat.

Ketika memilih baju dari bahan rajutan misalnya, perhatikan benar benang yang dipakai merajut. Baju rajutan dengan benang katun biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan bahan acrylic. Namun baju rajutan benang katun biasanya memiliki potongan lebih pas dengan tubuh. Sebaliknya benang acrylic dengan harga yang jauh lebih murah, biasanya lebih kaku. Dan yang paling fatal, baju rajutan dari benang acrylic mudah sekali menyusut atau melar jika dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Untuk pakaian sehari-hari, pilihlah bahan yang tahan lama. Baju sehari-hari lebih sering dipakai sehingga ada baiknya untuk membeli yang berkualitas bahan yang baik dan kuat.Viscose dan katun adalah beberapa jenis bahan yang cocok untuk pakaian sehari-hari. Selain nyaman, baju dari bahan ini tahan lama. Sehingga Anda tak perlu sering belanja untuk menggantikan baju yang rusak.

Anda juga bisa menghemat budget dari pemilihan busana pesta. Little black dress merupakan busana pesta yang tak lekang oleh zaman. Anda tinggal memadupadankan dengan aksesoris yang berbeda untuk mengubah-ubah penampilan.

Yang paling penting saat berbelanja adalah, hanya memilih barang-barang yang Anda suka dan butuhkan. Jangan paksakan membeli celana jeans dengan ukuran yang tidak sesuai hanya karena diskon yang menggiurkan. Pilah-pilih dengan cermat kebutuhan fesyen Anda.

Apakah Anda pernah merasa bingung pakaian apa yang sebaiknya digunakan untuk pergi ke pesta atau menghadiri acara-acara tertentu? Apakah Anda pernah merasa membeli beberapa baju namun ketika ingin digunakan, rasanya pakaian tersebut tidak tepat dengan tema acara?

Sebagian besar wanita pasti pernah merasakannya. Namun apa yang harus dilakukan agar dapat pergi ke pesta dengan tampilan yang menarik? Berikut adalah tips berbelanja dari Brad Goreski, fashion & celebrity stylist, seperti dikutip dari situs She knows.

1. Gunakan Pakaian yang Ada di Lemari
Buka lemari Anda dan periksalah. Pisahkan barang-barang yang masih Anda butuhkan dan mana yang sudah tidak terpakai lagi. Pisahkan sesuai dengan jenisnya. Siapa tahu, Anda menemukan setelan atau dress yang masih cantik untuk digunakan ke pesta.

2. Jual Barang-barang yang Sudah Tidak Dibutuhkan
"Setelah mengecek lemari dan memisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, Anda bisa menjualnya," ujar Goreski.

Agar penjualannya berhasil, ia menyarankan beberapa tips berikut: Buatlah deskripsi yang menarik, tambahkan beberapa foto pada spanduk atau brosur, pasang label harga dan bukalah beberapa outlet. Dari hasil penjualan itu, Anda bisa mendapatkan uang dan membeli sesuatu untuk pergi ke acara tersebut.

3. Berbelanjalah Sebagai Investasi, Bukan Karena Tren
Sebagian wanita mungkin baru menyadari terlalu banyak uang yang dibelanjakan ketika sampai di rumah. Membeli barang-barang yang sesungguhnya tidak menjadi kebutuhan, namun hanya keinginan semata. Itu artinya Anda sedang berbelanja sebagai pemenuhan kebutuhan tren.

Oleh karena itu berbelanjalah dengan bijak. Pilihlah pakaian yang bukan saja dapat Anda gunakan untuk saat ini, tetapi juga untuk beberapa waktu ke depan. Belanjakanlah uang Anda bukan saja untuk pakaian yang juga digunakan untuk bersantai, tetapi juga untuk pergi ke acara formal.

4. Perbanyak Aksesori
Tambahkanlah aksesori untuk mempercantik tampilan Anda. “Victoria Beckham telah menjadi ikon fashion karena aksesorisnya,” jelas Goreski. Banyak wanita yang pergi begitu saja tanpa menggunakan aksesori. Sebaiknya kita lebih mengutamakan membeli aksesori atau beberapa tas tangan saat berbelanja. Kita akan lebih terlihat fashionable dengan menggunakan tambahan aksesori saat bepergian.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment